Cara mengetahui dan mencegah Keylogger

Biasanya banyak blog yang justru memposting cara menggunakan Keylogger, saya bertolak belakang dengan memberitahukan pada kalian cara mencegahnya. Dijaman yang serba susah ini, banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi dengan canggihnya teknologi sekarang ini, apapun bisa dilakukan, termasuk memakai Keylogger. Sebelumnya, apa Keylogger itu ? Keylogger dibuat oleh seseorang yang bernama Albertino Keylogger (Entah dari negara mana). Keylogger adalah aplikasi yang disematkan
dalam komputer untuk menyimpan informasi penting secara tersembunyi. Seperti akun Paypal, akun jejaring sosial, email, dan lain lain. Dan yang paling parah, teryata Keylogger juga ada yang berupa Hardware, dengan cara menghubungkan antara keyboard dan komputer itu sendiri, jadi apapun yang kita ketik akan tersimpan oleh Keylogger. Nah, bagaimana cara mengetahui komputer dipasang Keylogger?
 BIASANYA Keylogger paling banyak dipasang di Warnet, maka hati hatilah.

Tehnik #1. Pancingan Maut
Masuklah kewarnet dengan gaya orang kaya, pakek jas, sepatu kulit, atau minimal anting berkilau walau berlian palsu. Datanglah ke meja staff, dan katakan kepadanya :
“Mas/Mbak, koneksi sini kenceng ga sih? Soalnya saya mau internet banking neh! Buru-buru! Penting, ada barang yang harus dibeli secepatnya! PC Athlon64 Dual Core Surround Sound System saya dirumah rusak soalnya!”
Kemudian, perhatikanlah mukanya. Jika dia TERSENYUM LICIK, berarti komputer warnet tersebut dipasang keylogger.

Tehnik #2.
Kebalikan dari tehnik #1, berlagaklah miskin dengan baju bolong-bolong, ditambah muka yang ga ngerti komputer alias muka coba-coba. Tidak usah katakan apa apa, tapi perhatikan muka staff. Jika dia KECEWA, berarti komputer warnet tersebut dipasang keylogger.

Tehnik #3. Size Does Matter

Ikuti langkah berikut :
1. Buka command prompt. Caranya klik start >> pilih all program >> ke accessories >> pilih command prompt
2. Kemudian ketik dir lalu tekan enter (lihat gambar)
Gambar. 1
3. Setelah selesai akan muncul keluar  di command prompt (terlebih duluanda catat angkanya di kertas agar tidak  lupa). (Lihat gambar 2)
Gambar 2
4. Sekarang Buka program notepad (caranya klik start > all program > assesories > pilih notepad lalu anda mengeketik sembarangan di notepad (agak banyak tapi jangan di save )
Kemudian Ulangi langkah 1 s/d 3,  (ketik dir ) jika anda melihat angka itu berubah berarti dikomputer anda ada keylogger, kalau anda merasa tidak menginstal program tertentu atau ada orang lain menginstal keylogger dikomputer anda, bisa jadi berupa program berbahaya jenis lain telah menyerang komputer anda secara online seperti virus, malware, spyware dll dan fungsinya tidak jauh beda dengan keylogger (mematai-matai anda) hii..serem

Tehnik #4. Malu-malu Untung
Setelah anda main cukup lama, katakanlah dengan suara keras : “Yes! Ada yang nyumbangin E-Gold ke account gue! Baru aja gue buka tau-tau dapet!” dan perhatikan apa yang dilakukan oleh staff. Jika tiba-tiba dia sibuk sambil TERSENYUM LICIK, tandanya dia sedang asik memeriksa log keystroke, berarti komputer warnet tersebut dipasang keylogger. Walaupun anda malu, saya rasa keuntungannya sebanding.

Tehnik #5. Panti Pijat Spesial
Raba-raba bagian belakang CPU terutama daerah cokan Keyboard seperti pemijat ahli. Pijit-pijitlah bagian tersebut dan rasakan, jika ujungnya lebih panjang dari keyboard biasa, berarti itu adalah Hardware Keylogger. Hal tersebut berarti komputer warnet tersebut dipasang keylogger. Untuk mencegahnya, SELALU BAWA KEYBOARD SENDIRI DARI RUMAH.(Kalau bisa)

Lalu bagaimana cara mencegah keylogger ?
1. Usahakanlah agar bila membuka akun penting jangan di Warnet, bila kena Keylogger anda tahu sendiri resikonya, uang hasil jerih payah hilang. Belilah Laptop sendiri ataupun Netbook yang sudah banyak yang harganya murah, ini sebanding dengan keamanan daripada di warnet.
2. Pasang Antivirus bagus dan  terupdate , biasanya Antivirus bisa mendeteck Komputer yang terpasang Keylogger
3. Pakai aplikasi Anti Keylogger , search aja di Google dengan kata kunci Anti Keylogger.

Nah, diatas adalah tips yang saya kumpulkan dari Google, dan mudah mudahan masih banyak lagi cara cara mencegah Keylogger, bila ada tips lain silahkan tulis di komentar, saya usahakan agar mempostingnya. Saran saya bagi pengguna Keylogger, marilah kita hidup didunia ini dengan hal hal yang positif, jangan mengambil keuntungan dengan cara kotor seperti ini. Saya tahu hidup didunia ini sangat sulit, sayapun juga mesrasakan hal yang sama. Bekerjalah secara halal, biar untung hanya sedikit tapi memuaskan di hati.Description: Cara mengetahui dan mencegah Keylogger Rating: 5.0 Reviewer: Starchau ( Computer Informations ) ItemReviewed: Cara mengetahui dan mencegah Keylogger
Posted by — Rabu, 20 Juli 2011

Ada 5 komentar untuk "Cara mengetahui dan mencegah Keylogger"

  1. wah yang 1 dan 2 kacau,, hahaha
    tapi yang ke 3 sangant bermanfaat. makasihh..

    BalasHapus
  2. kaka ijin repost yaa

    BalasHapus
  3. apakah KeyLogger berupa hardware bisa diketahui keberadaanya selain dengan cara menyentuh secara fisik ????

    apa ada software yg bisa melacak keberadaan hardware itu ????

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar atau pertanyaan anda.
Pertanyaan menggunakan akun Anonim tidak akan saya balas
dan mohon TIDAK menaruh Link / URL di komentar

Salam Bloggerz !!!