Mengapa orang membuat dan menyebarkan virus?

Resiko bila komputer browsing internet adalah terkena dampak serangan virus,Worm dll, kadang kita berfikir, apakah keuntungan mereka dengan menyebarkan virus tersebut ke komputer orang?.

Ada beberapa Tujuan seseorang menyebarkan virus ke komputer orang lain, antara lain :

1. Untuk Mengamankan Mempertahankan Karyanya.
Bila seseorang membuat program komputer seperti program acounting, games, dll. Mereka ingin orang membeli software yang mereka ciptakan. Agar orang lain tidak membajak software mereka, mereka menyertakan program virus, dimana bila orang lain memaksa untuk mendownload dan menggunakan program mereka maka komputer mereka akan terkena serangan virus. Dan komputer mereka akan kembali normal apabila diinstall ulang atau harus membeli program yang original. Contoh virus ini adalah virus yang mengakibatkan komputer suka restart, hang, atau system tidak bisa dibaca lagi.

2. Karena Sakit Hati.

Banyak yang tidak senang dengan program OS dari Microsoft, karena mereka menganggap Microsoft memonopoli software, sehingga program lainnya tidak dapat bersaing dengan microsoft, sehingga beberapa orang berusaha untuk membuat virus agar dapat mematahkan system pertahanan Microsoft, sehingga orang lain beralih ke program lainnya seperti linux dll

Jenis virus ini sangat berbahaya bagi pengguna System Microsoft, karena dapat merusak system dan yang mengakibatkan data seseorang pada komputer mereka akan rusak, virus ini memanvaatkan kelemahan dari system sekurity microsoft.

3. Untuk Memperkenalkan diri

Banyak orang membuat virus hanya dengan alasan ingin memperkenalkan diri mereka ke khalayak ramai, dengan menampilkan nama, produk atau semacamnya. Biasanya virus ini tidak merusak, tetapi sangat menggganggu, dan menghabiskan daya memory. Contoh virus ini adalah virus I Love You,

4. Mencuri Data atau Informasi

Jenis virus ini awalnya bukan sebagai program yang mengganggu, dan memang sifat virus ini tidak merusak system. Sepertihalnya Trojan Hourse, awalnya dibuat sebagai vasilitas jaringan dengan vungsi agar seseorang dapat memanajemen atau memaintenance komputer mereka dalam jaringan dengan hanya menggunakan sebuah komputer dengan fasilitas Remote komputer. Tapi program ini di kembangkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, dimana program ini digunakan untuk melihat komputer seseorang dan mengambil data serta informasi seseorang yang tersimpan pada komputer tersebut. Dan ini dikenal dengan nama Spam.

5. Untuk Mencari keuntungan

Sebagian lagi orang menciptakan virus, agar komputer seseorang yang terkena serangan virus akan membeli antivirusnya. Biasanya jenis virus yang diciptakan orang yang mencari keuntungan adalah jenis virus yang dapat merubah file dokumen ke bientuk ekstensi .Exe, .Jpg dll, membuat file dokumen di hilangkan (Hiden), membuat Task Manager dan Reg Edit tidak berfungsi. Komputer yang terinfeksi virus ini systemnya tidak rusak, tapi orang yang memiliki komputer tersebut kebingungan karena mereka tidak bisa lagi membuka dokumen mereka atau mengontrol komputer mereka.

Begitu banyaknya virus yang di ciptakan orang, semantara Antivirus selalu ketinggalan selangkah dibandingkan dengan pencipta virus, dan memaksa kita harus setiap saat mengupdate Antivirus, atau mengganti antivirus yang baru, karena antivirus yang lama tidak sanggup mengatasi virus yang baru.

Untuk mencegah hal tersebut, alangkah baiknya bila anda membuat dokumen, backup dokumen anda dan simpan pada media penyimpanan seperti External hardisk atau dengan membuat Image CD, karena bila dokumen anda di simpan pada Image CD, dokumen tersebut tidak akan terkena serangan virus. Atau setidaknya anda mengenskript dokumen atau membuat Zip dokumen tersebut.

Sumber : dunkom@groups.facebook.com
Description: Mengapa orang membuat dan menyebarkan virus? Rating: 5.0 Reviewer: Starchau ( Computer Informations ) ItemReviewed: Mengapa orang membuat dan menyebarkan virus?
Posted by — Rabu, 20 Juli 2011

Belum ada komentar untuk "Mengapa orang membuat dan menyebarkan virus?"

Tambahkan komentar anda :

Silahkan meninggalkan komentar atau pertanyaan anda.
Pertanyaan menggunakan akun Anonim tidak akan saya balas
dan mohon TIDAK menaruh Link / URL di komentar

Salam Bloggerz !!!