Bila komputer anda rusak

Bila Komputer anda mengalami kerusakan, jangan langsung membawa komuter anda ke tukang servis, alangkah baiknya kalau anda bisa memperbaikinya atau menceknya terlebih dahulu.

Coba ikuti langkah seperti yang dibuat ini :

Kalau PC Anda sama seperti gambar di atas, berarti sudah saatnya Anda mengganti PC

1. Bila komputer anda tidak bisa hidup, matikan kompternya, cabut kabel listriknya, buka kasingnya, kemudian kencangkan Memori yang terpasang pada slot Memori, sebab bila memori kendor atau tidak tepat pada slot maka komputer tidak akan bisa nyala.

2. Bila komputer anda seri restart sendiri, biasanya ini diakibatkan kerusakan Memori, coba ganti memori atau bila ada du memori yang terpasang coba cabut salah satu memori tersebut, bila ternyata begitu komputer dihidupkan dan komputer tersebut berjalan dengan normal maka memori tersebut rusak dan perlu di ganti.

3.Bila suatu saat komputer anda tampil layar warna biru dan banyak tulisan putih kemudian hang, coba matikan komputer anda dengan tombol Reset, kemudian sebelum komputer startup dan setelah selesai pembacaan BIOS tekan F8,pilih menu Safe Mode.

Setelah anda masuk kedalam Program Saf Mode lakukan langkah berikut

  • Lakukan program Chack Disk pada drive C: caranya pada drive C klik kanan mouse kemudian klik properti lalu klik Tools kemudian klik Chack Disk
  • Lakukan Scan Virus, kemungkinan virus telah masuk kedalam system Registry
  • Kemungkinan kerusakan komputer setelah kita menginstal program yang tidak sesuai dengan system kita, Uninstall program tersebut.
  • Setelah selesai melakukannya restart kembali komputer anda dengan kondisi Normal

4. Baca buku manual. Biasanya pada saat pembelian komputer baru kita akan diberikan buku manual, atau pada saat kita menginstal program komputer ada panduan dan penjelasanmengenai Troble Shooting, sehingga kita bisa dapat mengatasi permasalahan yang kita hadapi.

5. Selesaikan sendiri masalah Anda. Bila Anda telah menemukan jawaban dari masalah Anda, ada baiknya Anda coba terapkan sendiri. Namun, jika pemecahannya membutuhkan tingkat keahlian yang tidak Anda miliki, ada baiknya pula Anda menghubungi technical support. Bila masalah Anda berada pada kerusakan software, meng-install ulang software tersebut akan lebih mudah daripada mencari file yang rusak. Lagipula, cara ini berhasil untuk hampir semua masalah pada software.

6. Kumpulkan informasi. Sebelum menghubungi technical support, pastikan Anda menyiapkan segala informasi yang mungkin dapat membantu mereka ketika berusaha menyelesaikan masalah yang terjadi pada PC Anda. Beberapa informasi mengenai apa yang terjadi pada PC Anda seperti pesan error yang muncul di layar atau bunyi aneh pada PC dapat memberi bantuan yang berguna untuk technical support. Hal lain yang perlu ANda sampaikan pada mereka adalah nama produk dan versinya, sistem operasi yang Anda gunakan, spesifikasi hardware, dan kartu pembelian produk. Oleh karena itu, selalu simpen baik-baik semua benda yang Anda dapatkan ketika membeli PC Anda seperti kartu garansi, kabel-kabel, dan CD instalasi.

7. Jangan buang waktu dan uang. Bila Anda yakin masalahnya ada pada hardware, ada baiknya Anda membuka cover CPU dan memeriksa sambungan listrik sebelum menghubungi technical support. Waktu yang terbuang ketika mereka membuka cover tersebut dapta merugikan Anda, apalagi jika mereka dibayar dengan hitungan waktu (menit atau jam). Selain itu, periksa hal sepele yang biasanya dapat membuat komputer tidak dapat bekerja seperti sambungan listrik yang longgar. Akan sangat konyol jika Anda membayar hanya karena hal sepele seperti itu.

8. Berusaha untuk selalu tenang. dan ingat apa yang terakhir anda lakukan sebelum komputer tersebut bermasalah, mungkin anda menginstal suatu program, dimana program tersebut belum tentu sesuai dengan kondisi komputer anda

9. Beri dukungan penuh. Bersiaplah untuk bekerjasama dengan sraff technical support. Anda tidak dapat menyelesaikan masalah pada PC jika Anda berada jauh dari PC ketika menghubungi mereka. Biarkan komputer Anda menyala dam bersiaplah untuk menerima dan mengikuti instruksi yang diberikan.

10. Menghubungi Pihak service bila memang jalan terakhir kalau anda sudah tidak mampu lagi mengatasi masalah kerusakan komputer.

11. Kalau sudah di panggil pihak service ternyata tidak bisa juga menyelesaikan masalah, Relakan saja, Manusia juga ada batas waktunya untuk hidup di Dunia apa lagi komputer

12. Selanjutnya terserah anda

Selamat Mencoba Mudah2an Tips Ini Berguna bagi anda

sumber : dunkom@groups.facebook.com
Description: Bila komputer anda rusak Rating: 5.0 Reviewer: Starchau ( Computer Informations ) ItemReviewed: Bila komputer anda rusak
Posted by — Selasa, 02 Agustus 2011

Ada 1 Komentar untuk "Bila komputer anda rusak"

  1. OK sob, Kayaknya udah pernah ngalamin ya ?

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar atau pertanyaan anda.
Pertanyaan menggunakan akun Anonim tidak akan saya balas
dan mohon TIDAK menaruh Link / URL di komentar

Salam Bloggerz !!!