Software Monitoring Jaringan

Pentingnya Software Monitoring Jaringan bagi Admin

Dalam suatu jaringan komputer, terdapat berbagai komputer yang  terhubung. Setiap computer memiliki resource masing-masing dan saling berbagi resource satu sama lain. Kadang saat jaringan menjadi sangat lambat, kita harus mencari tahu apakah penyebab begitu  lambatnya jaringan tersebut. Itulah sebabnya kita membutuhkan software monitoring jaringan, supaya lalu lintas data yang ada dalam jaringan dapat terpantau dengan baik.

Bagi seorang administrator jaringan, software  Monitoring jaringan merupakan suatu kebutuhan. Seorang network  Admin bertugas untuk memastikan jaringan di tempatnya dapat  berjalan dengan baik. Namun jika masalah terjadi, network admin harus bisa mencari tahu penyebab masalah itu. Ada berbagai penyebab  yang bisa membuat suatu jaringan bermasalah, Untuk itulah, software ini akan menjadi salah satu alat untuk mendeteksi saat terjadinya  masalah jaringan.

Beberapa Contoh Software Monitoring
Begitu banyaknya Software monitoring Jaringan yang bisa Anda gunakan. Ada software yang yang diinstall di setiap komputer dalam jaringan supaya dapat terpantau dengan baik. Namun ada pula software yang hanya perlu diinstall di satu komputer dalam jaringan. Dengan menjalankan software itu, seluruh komputer yang ada dalam suatu jaringan dapat terpantau.

Ada  software yang bisa Anda gunakan secara gratis. Ada pula software yang lisensinya bersifat shareware/trial saja. Anda bisa mencobanya dengan keterbatasan tertentu dan jika Anda merasa cocok dan tertarik, Anda bisa membelinya untuk digunakan dengan fitur yang lengkap.

Beberapa software monitoring jaringan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa software monitoring yang sering digunakan oleh network admin.

  1. VNC
VNC merupakan software untuk melakukan remote ke suatu komputer. Semua komputer yang akan dimonitor harus di install software ini. Remote ini berfungsi juga untuk troubleshooting, yaitu menyelesaikan masalah yang terjadi pada komputer yang  bersangkutan.

2.  Netlimiter

Software ini ada versi freeware dan pro. Versi pro yang berbayar otomatis akan lebih lengkap dibandingkan dengan versi gratisnya. Dengan menggunakan Netlimiter, Anda bisa memantau semua aplikasi yang sedang berjalan dalam suatu  komputer. Software ini harus di instal di semua
komputer yang akan dipantau. Salah satu kelebihan versi pro yang berbayar adalah kemampuan untuk menutup aplikasi komputer gratis aplikasi secara remote dan membatasi bandwidth komputer yang  sedang dimonitor.

3.  Pstools.

Software ini merupakan software gratis yang dapat digunakan untuk monitoring komputer berbasis  Windows. Ukuran  filenya sangat kecil dan dalam menggunakan software ini Anda tidak perlu melakukan proses instalasi. Dengan software ini,  Anda bisa melihat detail informasi dari suatu komputer baik itu informasi pengguna, proses maupun service yang sedang berjalan. Selain itu, Anda juga bisa mematikan komputer dari jarak jauh, mematikan proses yang sedang berjalan maupun menjalankan suatu proses dari jarak jauh.

4.  Nagios.

Software ini merupakan software berbayar yang dapat digunakan untuk monitoring jaringan secara lengkap. Software ini merupakan software canggih yang cocok digunakan pada perusahaan. Anda bisa mencoba software ini dengan mengunduh versi trial di  website  pengembangnya. Selain dapat melakukan monitoring jaringan, Nagios juga dapat melakukan monitoring terhadap berbagai perangkat dalam jaringan. Nagios akan memberikan alert jika  terjadi masalah pada perangkat yang ada dalam jaringan yang bersangkutan.


Berbagai software monitoring jaringan bisa Anda gunakan dalam internet" jaringan computer Anda,  dan saya juga dalam proses penguji cobaan terhadap software ² tersebut,

sumber : dunkom@groups.facebook.com
Description: Software Monitoring Jaringan Rating: 5.0 Reviewer: Starchau ( Computer Informations ) ItemReviewed: Software Monitoring Jaringan
Posted by — Selasa, 02 Agustus 2011

Belum ada komentar untuk "Software Monitoring Jaringan"

Tambahkan komentar anda :

Silahkan meninggalkan komentar atau pertanyaan anda.
Pertanyaan menggunakan akun Anonim tidak akan saya balas
dan mohon TIDAK menaruh Link / URL di komentar

Salam Bloggerz !!!