Pengertian Shutdown, Hibernate, Stand by, Log Off, Sleep, Restart

Sedikit pemahaman tentang pengertian Shutdown, Hibernate, Stand by, Log Off, Sleep, Restart – Jika anda hendak mematikan PC,anda akan dihadapkan dengan beberapa tombol pilihan pada desktop,antara lain Hibernate,Restart,Shutdown.Lalu,tahukah anda perbedaan diantara tombol-tombol tersebut? Bagi anda yang kurang tahu,mungkin artikel kali ini dapat membantu anda untuk mengetahui perbedaan tombol-tombol tersebut.
  • Shutdown
Tombol ini berfungsi untuk mematikan komputer secara keseluruhan.Saat kita memilih tombol shutdown,semua komponen komputer (RAM, hardisk, prosesor, dll) akan dinonaktifkan,yaitu diputus aliran listriknya.Pada saat ini memori komputer (RAM) dikosongkan,sehingga jika hendak menghidupkan komputer kembali,butuh waktu cukup lama untuk me-load sistem operasi (misal Windows) kembali ke RAM.Ini terkait dengan pentingnya memori bagi komputer dan cara kerja sistem operasi.
  • Hibernate
Pada tombol hibernate,komponen komputer juga dimatikan secara keseluruhan,sama seperti shutdown.Bedanya,sebelum dimatikan (sebelum mengosongkan RAM),isi dari memori atau RAM tersebut disalin ke harddisk terlebih dahulu,sehingga saat hendak dihidupkan kembali,tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM sudah ada di harddisk.
Hibernate dapat menyimpan konfigurasi komputer sebelum dimatikan. Jadi jika misalkan Anda membuka banyak aplikasi kemudian meng-hibernate komputer,saat komputer dihidupkan kembali aplikasi-aplikasi itu masih terbuka seperti kondisi semula (tidak perlu takut kehilangan data). Ini berbeda dengan shutdown yang akan menghapus data Anda jika belum sempat disimpan. Cocok jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam waktu yang agak lama.
  • Stand by
Pada kondisi stand by,komputer tidak dimatikan secara keseluruhan.Semua komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Jadi, semua komponen diputus aliran listriknya kecuali RAM (dan prosesor mungkin).Oleh arena itu,modus stand by masih menggunakan listrik untuk memberi daya pada RAM,berbeda dengan shutdown atau hibernate yang benar-benar mematikan komputer.Untuk menghidupkan komputer kembali dari modus stand by jauh lebih cepat dibandingkan hibernate (bisa dibilang instan),karena isi RAM masih dipertahankan.
Sama seperti hibernate, stand by juga menyimpan konfigurasi komputer sebelum di-stand by. Stand by dapat diibaratkan seperti “pause” saat bermain game. Cocok jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam waktu singkat.
Selain ketiga tombol diatas,kita juga akan menemui tombol lainya.Yaitu :
  • Log off 
digunakan untuk pergantian pengguna komputer dengan menutup program.
Log-Off - guna log off sebenernya kalau dalam satu komputer ada 2 ato 3 user, jadi ketika kita akan exit windows cukup kita log off user name kita tanpa harus shut down, dan memudahkan pengguna lain untuk Log-In tanpa harus meng start komputer dari awal dan juga mempercepat ketika akan digunakan. dalam keadaan log off sebagian besar komponen komputer dlm keadaan hidup tapi tidak bekerja, dan juga mengirit listrik
jadi kalo cuma satu pengguna saja tidak ada artinya kalo kita log off, karena orang lain bisa menghidupkan komputer tersebut.
  • Sleep
Tombol Sleep dipergunakan untuk membuat komputer tertidur,maksud tertidur disini adalah,windows menyimpan semua aktifitas nya di dalam RAM dan berjalan dengan POWER yang sangat kecil ( listrik yang digunakan sangat sedikit ) dan memungkinkan kembali seperti semula hanya dengan beberapa detik .Hanya saja SLEEP ini hanya bisa berjalan jika masih ada battere,kalau ternyata battere nya mau habis maka komputer akan “Bangun” sendiri dan masuk ke HIBERNATE STATE, yaitu meng-copy semua aktifitas ( memori ) di ram ke dalam HARDDISK.
  • Restart
Tombol ini digunakan untuk mematikan PC dan kemudian menghidupkanya kembali.
Manfaatkanlah fitur Shutdown,Hibernate,Stand by,Sleep,Restart sesuai keperluan kamu.
untuk lebih jelasnya baca Help & Support/ tekan F1 di komputer anda.



sumber :  dunkom@groups.facebook.comDescription: Pengertian Shutdown, Hibernate, Stand by, Log Off, Sleep, Restart Rating: 5.0 Reviewer: Starchau ( Computer Informations ) ItemReviewed: Pengertian Shutdown, Hibernate, Stand by, Log Off, Sleep, Restart
Posted by — Jumat, 18 November 2011

Ada 13 komentar untuk "Pengertian Shutdown, Hibernate, Stand by, Log Off, Sleep, Restart"

  1. thanks sob, sangat bermanfaat...

    http://vmediakom.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Makasih infonya tapi tolong dikasihlah info tambahan Hibernate , Sleep,Shutdown itu di OS Windows atau apa dan versi mana, supaya infonya makin cakep. Trus kalau ditambahin lagi dengan info Turn off nya khan lebih oc...hehehe

    BalasHapus
  3. thansk sob , makasih infonya buat tambahan pengetahuan

    BalasHapus
  4. trus ada ga mode
    contohnya laptop masih mengnyalakan winamp atau aplikasi musik yang lain
    dan saat laptop tertutup ( monitor dan keyboard bersetuhan )
    kita masih mendengar suara lagu yang di putar melalui aplikasi lagi , seperti winamp tadi

    nah mode itu ada ga ?

    BalasHapus
  5. Sangat manfaat infonya.selama ini hanya memakai shutdown saja.

    Herbal sriaji:
    HP/SMS/WA: 082216211402 PIN BBM: 5CEC3DC7
    website: www.herbalsriaji.com

    BalasHapus
  6. mau uang sungguhan? klik link ini, http://buredrqezi.trade/1394447749470/

    simple dan eazy, hanya dengan meggunakan komputer/laptop/hp smartphone dan melihat iklan aja kamu bisa dapat 10cents $.

    dengan melakukan apa yang akan membuat saya mendapatkan uang?

    Anda akan menerima uang untuk melihat unit iklan komersial. Saat ini, biaya penayangan adalah 10 sen. Melihat iklan dilakukan di akun Anda setaelah anda menyelesaikan registrasi/pendaftaran. Selain itu, Anda akan bisa juga merujuk/mereferensikan kepada orang lain (mengajak pegawai lainnya), dan anda akan mendapatkan 50% dari penghasilan mereka. Tautan/link rujukan/referensi akan ada tersedia di akun Anda.

    Bagaimana cara merujuk/mengajak referral anda?

    Ini cukup mudah. Ada banyak cara yang berbeda. Kemungkinan besar, Anda terdaftar di jejaring sosial (Facebook, Google+, dll) dan punya teman di sana. Sarankan pada mereka website kami, dan penghasilan Anda bisa meningkat secara signifikan. Anda dapat mengirimkan tautan/link referensi anda ke teman Anda baik melalui SMS atau e-mail atau melalui pesan pribadi di jaringan sosial.

    Berapa banyak penghasilan yang dapat saya peroleh?

    Penghasilan Anda praktis akan jadi tidak terbatas dan tergantung pada jumlah waktu yang Anda habiskan bekerja di depan komputer/laptop/hp smartphone, juga jumlah unit iklan yang dilihat, dan jumlah rujukan/referensi anda yang tertarik menjadi rujukan pegawai anda. Jadi, jika Anda menghabiskan 2-3 jam sehari untuk bekerja di depan komputer/laptop/hp smartphone, Anda dapat melihat sekitar 1000 unit, dan penghasilannya akan menjadi 100 $ per hari atau 3000 $ per bulan.

    Bagaimana saya bisa mendapatkan uang?

    Uang dari sistem dapat ditarik ke kartu plastik bank manapun, Paypal atau sistem pembayaran umum lainnya (Western Union, dll.) Permintaan penarikan diproses rata-rata dalam 1 hari kerja.

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar atau pertanyaan anda.
Pertanyaan menggunakan akun Anonim tidak akan saya balas
dan mohon TIDAK menaruh Link / URL di komentar

Salam Bloggerz !!!