Teknologi masa depan AMD, pelopor era baru dunia gaming !



Dewasa ini perkembangan industri game semakin ramai dan kian hari kian diminati. Ditambah lagi dengan kehadiran konsol gaming terbaru yang tentu saja selalu diikuti dengan peningkatan kualitas grafis dan performa yang cukup signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Agar membawa nuansa baru di dunia gaming, para developer tentu saja ditantang untuk menghadirkan engine yang lebih kuat, yang tidak hanya menawarkan kualitas visual yang lebih baik tetapi juga penerapan fitur fitur baru yang sebelumnya belum ada pada video game.
AMD (Advanced Micro Devices) selaku perusahaan pengembang procesor dan kartu grafis terkemuka didunia memahami betul apa yang diinginkan dalam industri game saat ini. Dengan inovasi dan teknologi terbarukan mereka yang tak hanya memberikan hal-hal terbaik untuk para pengguna namun juga ditujukan agar memudahkan developer menghasilkan game yang dapat memanfaatkan kemampuan penuh dari pengolah grafis masa kini.
Dedikasi AMD terhadap berkembangnya industri game dunia tak lain bertujuan untuk memberikan para gamer sebuah pengalaman luar biasa dan makin asyik dalam menikmati teknologi game terbaru di masa depan.






Teknologi entertainment masa depan AMD, menambah asyiknya nge-game
Selain tulisan yang saya rangkum di postingan ini, tentunya saya pribadipun telah mempunyai pengalaman menggunakan produk AMD. Tidak hanya procesor, kartu grafis dan RAM pun semua menggunakan produk AMD lho.
Teknologi beserta fitur-fitur keren yang diterapkan, tak hanya membuat rasa bangga memiliki kehebatannya.
Kualitas grafis yang sempurna dan performa terbaik saya dapatkan, bermain game favorit terasa lebih optimal , memberi kenyamanan saat bermain dan menjadikan game lebih seru. Pastinya juga menghibur saya disaat bosan akan kegiatan pekerjaan sehari hari. 
AMD telah berhasil memberikan saya pengalaman gaming lebih menyenangkan !





Mengapa memilih AMD ?
  • Banyaknya dukungan game dan software yang dioptimalkan dengan procesor dan kartu grafis AMD tentunya menjadi nilai tambah mengapa lebih memilih menggunakan produk AMD.
    Game-game keren seperti Battlefield 4 , Crysis 3 , Tomb Raider , Thief , Sniper Elite 3, Bioshock infinite , Saints Row IV dan kedepannya akan lebih banyak lagi dukungan untuk procesor dan kartu grafis AMD, guna memberikan pengalaman terbaik untuk para pemain.
  • Nge-game gak harus mahal ! Inilah yang menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi gamer. Dengan performa dan kualitas produk yang tidak kalah bersaing, kita akan mendapat perbedaan harga yang terpaut jauh lebih murah dibanding kompetitor lain. Inilah mengapa AMD sangat diminati bagi kalangan gamer yang ingin mendapatkan performa terbaik dengan harga lebih terjangkau.
  • Program Never Settle AMD merupakan reward kepada gamer yang telah membeli kartu grafis AMD, tak hanya 1 bahkan lebih banyak game gratis bisa anda dapatkan. Jadi jika dihitung rupiah dan dikurangi harga anda membeli kartu grafis, maka totalnya akan jauh lebih murah bukan.
  • Inovasi dan teknologi terbaru yang telah diterapkan selalu memberikan fitur-fitur yang luar biasa, tak hanya terjangkau soal harga tapi juga hemat dalam penggunaan energi.




Bersiap menuju era baru dunia gaming
Seiring berkembangnya teknologi, maka hadirlah generasi baru kualitas grafis yang terlihat lebih nyata dan detil atau yang sering disebut Next Generation (NextGen). Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi developer untuk menghadirkan game-game berkualitas dan menarik untuk memanjakan para pemain. Tak hanya itu AMD juga diharapkan untuk menciptakan procesor dan kartu grafis mumpuni agar dapat menikmati pengalaman bermain game NextGen dengan lebih optimal.
Sudah tahukah anda, bahwa konsol gaming terbaru dan terpopuler saat ini menggunakan procesor dan kartu grafis dari AMD ?
Playstation 4 dan Xbox One adalah bukti kesuksesan AMD mengkedepankan dunia gaming dalam misinya. Itu juga merupakan bukti bahwa AMD dipercaya telah mampu menghadirkan hardware dan teknologi yang dapat mengimplementasikan kehebatan visual dari game-game NextGen terbaru.
Tak hanya sebatas konsol terbaru saja, tentunya penggemar game PC pun dapat merasakan kelebihan dari grafis NextGen ini dengan menggunakan kartu grafis AMD terkini yang sudah berbasis arsitektur GCN (Graphic Core Next).
Dengan demikian tak salah bila AMD disebut sebagai pelopor era baru industri game dunia saat ini.




AMD , Developer dan Gamer
AMD memahami betul bahwa untuk meningkatkan kualitas dan keberhasilan harus ada sinergi dan kerja sama dengan para developer. Maka AMD dengan inovasi terbarunya menghadirkan sebuah API (Application Programming Interface) terbaru yang disebut Mantle.
Mantle API adalah model pemrograman grafis terbaru yang mengusung bahasa yang dimengerti langsung (native language) oleh arsitektur pengolah grafis AMD saat ini, yaitu Graphics Core Next (GCN).
Model API saat ini (DirectX), dirasa belum mampu memaksimalkan potensi dari kartu grafis sekarang karena ada beberapa keterbatasan.
Mantle diharapkan akan membawa optimasi dari segi hardware yang benar-benar maksimal untuk sisi grafis karena dirancang untuk mengeluarkan performa terbaik dari arsitektur GCN.
Dengan begitu para developer diharapkan akan lebih bersahabat dan mudah mengimplementasikan Engine serta fitur terbaru game mereka pada kartu grafis secara optimal dengan memanfaatkan seluruh performa kartu grafis AMD.Karena Mantle hanya memerlukan kebutuhan hardware yang lebih rendah dibanding DirectX, dengan kebutuhan hardware yang cukup rendah tersebut tentunya gamer tidak perlu menghabiskan dana yang lebih tinggi, hal ini tentu saja jelas akan sangat meningkatkan keuntungan bagi pihak developer serta menghemat pengeluaran gamer itu sendiri.
Tak hanya itu AMD menjelaskan bahwa MANTLE  API ini akan bisa dengan mudah di port ke DirectX 12 , sehingga nantinya dalam sebuah game akan terdapat pilihan untuk memilih Mantle ataupun DirectX. Dengan begitu gamer akan mendapatkan kualitas grafis dan performa sesuai dengan yang diharapkan.
Battlefield 4, Thief , Plant Vs Zombies : Garden Warfare dan kedepannya makin banyak lagi game-game spektakuler hadir dengan dukungan Mantle !


Beberapa teknologi hebat AMD menjadikan pengalaman gaming lebih luar biasa

Accelerated Processing Unit (APU)
APU adalah sebuah unit procesor yang mengintegrasikan antara CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphic Processing Unit) didalam satu chip. Kelebihannya, tak hanya berpengaruh pada peningkatan kualitas grafis dan performa, efisiensi daya yang diperlukan juga lebih rendah.
Pengguna pun tidak harus untuk membeli kartu grafis tambahan untuk menghemat biaya karena processor APU bisa dijalankan tanpa adanya kartu grafis discrete (terpisah).
Namun jika ingin mendapatkan kualitas grafis dan performa yang jauh lebih baik, anda pun bisa menambah kartu grafis tambahan dan menerapkan fitur CrossFire.


Heterogeneous System Architecture (HSA)
HSA adalah teknologi AMD yang disematkan pada procesor APU generasi terbaru , melalui HSA kemampuan CPU dan GPU dapat digabungkan hingga menghasilkan performa yang jauh lebih tinggi serta konsumsi energi lebih rendah.
AMD menjelaskan dengan teknologi HSA terbarunya ini procesor dapat meningkatkan kecepatan hingga 2,5 kali lebih tinggi dan 2,5 kali lebih hemat energi. Hasilnya hal tersebut dapat digunakan untuk menjalankan game dan aplikasi lainnya dengan performa yang lebih baik.


Graphic Core Next (GCN)
GCN adalah basis arsitektur kartu grafis terbaru AMD yang pertama mengunakan teknologi pemrosesan 28nm, sehingga mampu menampung 4,3 miliar transistor pada setiap GPU. Dibanding generasi sebelumnya yang hanya mampu menampung 2,6 miliar transistor saja, tentunya hal ini menjadikan performa GCN 50% lebih cepat dan maksimal.
GCN menjadi arsitektur terbaik kartu grafis AMD saat ini karena dipersenjatai teknologi-teknologi terbaru yang tak hanya membuat kartu grafis menghasilkan performa yang tinggi , hemat daya , namun juga meningkatkan kualitas grafis yang akan dihasilkan, sehingga gambar akan terlihat lebih tajam dan detil. Saat ini kartu grafis AMD yang mendukung arsitektur GCN adalah 7xxx series , R7 series dan R9 series.


PowerTune
AMD PowerTune bekerja dengan cara mengambil data masukan dari sensor suhu , menganalisa perkiraan penggunaan daya secara real time melalui penghitung aktifitas GPU , terhubung dalam data telemetri dari regulator tegangan dan mengumpankan data ke dalam sistem manajemen daya. Sistem diprogram untuk mengetahui kekuatan GPU, suhu dan batas arus. Dalam batas-batas tersebut, PowerTune mengendalikan tegangan, clock speed dan kecepatan kipas, memprioritaskan kinerja maksimum GPU. Hasilnya performa kartu grafis meningkat hingga 30% !


Mantle
Seperti yang sudah dijelaskan, Mantle adalah sebuah API atau model pemrograman grafis terbaru berbasis GCN. Kelebihannya, developer akan lebih mudah membuat game-game mereka lebih optimal dengan memanfaatkan penuh performa kartu grafis yang ada. Hasilnya kualitas grafis akan lebih baik dan performa lebih meningkat, Mantle juga tidak membutuhkan spesifikasi kartu grafis yang tinggi sehingga sangat menghemat pengeluaran nantinya.


TrueAudio
TrueAudio adalah inovasi terbaru pada kartu grafis AMD yang memungkinkan gamer merasakan peningkatan kualitas suara yang jauh lebih nyata dari sebelumnya. Developer game dimungkinkan mengimplementasikan konten audio dengan cara yang sama seperti menyisipkan konten grafis. Menjadikan gamer merasakan lingkungan yang lebih dinamis dan nyata dalam bermain game.
Tentunya TrueAudio hanya bisa dinikmati di game-game tertentu saja, Thief adalah salah satunya.


TressFX
TressFX merupakan teknologi rendering AMD untuk membuat rambut sebuah karakter game terlihat lebih nyata dan detil seperti aslinya. Penerapan TressFX pada game Tomb Raider juga menjadi salah satu faktor kesuksesan game tersebut. Namun kedepannya TressFX tidak akan hanya selalu diterapkan pada rambut tapi bisa juga untuk objek lain.


CrossFire
Singkatnya, CrossFire adalah penggabungan dua kartu grafis atau lebih untuk mendapatkan performa yang jauh lebih tinggi.
Penerapannya bisa antara Processor APU dan kartu grafis discrete , maupun gabungan dua atau lebih kartu grafis discrete yang identik.
Menggunakan fitur Crossfire tentunya akan memerlukan efisiensi daya yang lebih tinggi.


Eyefinity
Eyefinity adalah penggunaan multimonitor untuk menikmati sudut pandang yang lebih luas. Anda bisa memakai 2 bahkan lebih dari 6 layar monitor sekaligus untuk menikmati pengalaman gaming yang lebih seru. Tentunya semakin banyaknya layar monitor yang ingin anda gunakan semakin besar pula kebutuhan spesifikasi hardware anda, kartu grafis utamanya.


AMD HD3D
Teknologi 3 dimensi dari AMD yang menggunakan Stereoscopic 3D dalam menampilkan grafis lebih nyata.
Tak hanya sekedar dinikmati saat bermain game namun juga bisa untuk menonton film. Menjadikan suasana lebih terasa hidup dan menakjubkan. Untuk menjalankan fitur HD3D ini tentunya dibutuhkan kacamata khusus 3D.

Dan tentunya masih banyak lagi fitur-fitur hebat AMD selain yang saya sebutkan.


Ikuti juga beragam informasi tentang perkembangan teknologi AMD terbaru dengan bergabung dalam fanspage resmi AMD Indonesia di Facebook & Twitter !


                 Just click !!!             Just Click !!!
     







Description: Teknologi masa depan AMD, pelopor era baru dunia gaming ! Rating: 5.0 Reviewer: Starchau ( Computer Informations ) ItemReviewed: Teknologi masa depan AMD, pelopor era baru dunia gaming !
Posted by — Sabtu, 12 Juli 2014

Belum ada komentar untuk "Teknologi masa depan AMD, pelopor era baru dunia gaming !"

Tambahkan komentar anda :

Silahkan meninggalkan komentar atau pertanyaan anda.
Pertanyaan menggunakan akun Anonim tidak akan saya balas
dan mohon TIDAK menaruh Link / URL di komentar

Salam Bloggerz !!!